top of page

Tips Memaksimalkan Ruang Sempit

Updated: Mar 24, 2021

Ruang sempit memiliki tantangan tersendiri dalam hal penataan dan dekorasi ruangannya, karena jika salah dapat membuat ruang yang sudah kecil akan terasa semakin sumpek dan tidak nyaman ditempati maka banyak hal yang perlu diperhatikan dalam penataannya agar ruangan tersebut dapat dimaksimalkan hingga terasa nyaman, rapi, dan juga fungsional tentunya. Berikut ini beberapa tips memaksimalkan penataan ruangan sempit agar terasa lebih luas dan nyaman.


Warna Dinding Yang Cerah

Ruangan yang memadukan cat dinding terang dan gelap dengan gaya minimalis
Perpaduan Terang Dan Gelap Pada Dinding

Warna dinding merupakan salah satu bagian yang sangat berpengaruh dalam memberi kesan pada ruangan, karena bagian ini merupakan bagian yang paling terlihat ketika kita memasuki sebuah ruangan, maka dari itu pemilihan warna menjadi hal yang penting. Pada ruangan sempit, warna-warna cerah dapat menjadi pilihan yang tepat karena warna cerah dapat memantulkan cahaya lebih maksimal sehingga ruangan menjadi lebih terang dan terkesan lega. jika kita tidak ingin monoton hanya dengan warna cerah, kita bisa memadukannya dengan sedikit warna gelap yang juga bisa berfungsi sebagai penanda fokus pada ruangan tersebut.


Pemilihan Furniture Yang Tepat

Lemari dengan design minimalis juga multifunsi sebagai lemari dan meja pajangan
Lemari

Ruangan kecil tentunya tidak dapat diisi dengan begitu banyak furniture, maka dari itu diperlukan pemilihan yang tepat untuk dapat memaksimalkan furniture yang digunakan, seperti misalnya memilih furniture multifungsi yang membuat kita tidak perlu begitu banyak barang atau bisa juga dengan memilih furniture berukuran besar, furniture dengan ukuran besar dapat memberikan ilusi pada ruangan agar terlihat lebih luas.


Memasang cermin di dinding

Cermin ruangan yang minimalis cocok juga sebagai hiasan selain fungsinya sebagai cermin
Cermin Minimalis

Pemasangan cermin terutama ukuran sedang sampai besar pada ruangan sempit dapat memberikan kesan dan ilusi seolah ruangan menjadi lebih luas. Selain memberikan kesan luas cermin juga dapat memantulkan cahaya sehingga ruangan menjadi lebih cerah, untuk memaksimalkan persebaran cahaya kita bisa meletakkan cermin tersebut berseberangan dengan jendela sehingga cahaya yang masuk langsung dipantulkan kembali ke seluruh ruangan oleh cermin.


Dekorasi ukuran besar


Pajangan lukisan ukuran sedang yang dipajang pada ruang tamu dengan gaya minimalis sederhana namun elegan
Pajangan Lukisan

Dekorasi dinding seperti lukisan yang besar juga dapat menjadi cara untuk memberikan kesan ruangan yang lebih luas, bagaimana sebuah dekorasi yang besar malah memberikan kesan yang luas ialah karena dengan dekorasi yang besar akan menjadi fokus utama dalam ruangan tersebut bahkan dapat mengalihkan kesan sempit pada ruangan.


Nah itu dia tips memaksimalkan ruang sempit ala Folife, Semoga bisa membantu dalam membuat ruangan kalian lebih nyaman ditempati, gunakan juga kreativitas kalian dalam memilih dekorasi ruangan agar lebih nyaman dan sesuai dengan selera kalian. Selamat mencoba!



Referensi:


16 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page