top of page

Inilah Tarian Modern Terbaik yang Digemari Masyarakat Indonesia

Muhammad Haekal Balianda

210104180063

B-MPM 2018


Tari merupakan salah satu jenis kesenian yang sudah ada sejak dahulu. Tepatnya sejak awal abad 20. Seiring perkembangannya, tarian ini pun memiliki banyak keberagaman dari segi gerakan maupun jenis pakaiannya. Salah satunya dari produk perkembangannya itu adalah tari modern. Tari modern adalah merupakan suatu bentuk tarian yang terbentuk dan berkembang sejak awal abad ke-20. Di mana sebagai bentuk reaksi gaya balet yang sedang marak kala itu dan dianggap terbatas, kaku, dan artifisial.


Tentunya tari modern ini tidak luput dari peleburan dari tari-tari sebelumnya salah satunya adalah tari Jaipong. tari tradisional adalah suatu tarian yang tumbuh dan berkembang di suatu daerah tertentu yang dianut secara turun temurun oleh masyarakatnya. Oleh karena itu pastinya tari modern juga memiliki asal muasal dimana tari tersebut diciptakan. Berikut merupakan beberapa tarian modern yang sedang digemari oleh masyarakat.


Tari Balet

Balet adalah nama dari salah satu teknik tarian. Karya tari yang dikoreografi menggunakan teknik ini dinamakan balet, dan meliputi: tarian itu sendiri, mime, akting, dan musik (baik musik orkestra ataupun nyanyian). Balet dapat ditampilkan sendiri atau sebagai bagian dari sebuah opera. Balet terkenal dengan teknik virtuosonya seperti pointe work, grand pas de deux, dan mengangkat kaki tinggi-tinggi. Teknik balet banyak yang mirip dengan teknik anggar, barangkali karena keduanya mulai berkembang dalam periode yang sama, dan juga karena keduanya membutuhkan teknik keseimbangan dan pergerakan yang mirip.
Tari Balet berasal dari Italia

Balet merupakan seni tari teatrikal yang diajarkan melalui sekolah formal dan dipadukan dengan elemen artistik seperti musik, kostum dan dekorasi panggung. (Menurut Britannica Dictionary of Art). Asal mula Balet merupakan seni tari dan pertunjukan yang dikenal di Italia sekitar abad ke-15. Kata balet berasal dari bahasa Italia ballo, yang artinya tarian. Balet kemudian berkembang dari Italia ke Perancis, dan menjadi bagian dari sebuah pertunjukkan opera.


Tari Waltz

Seni Tari Waltz merupakan salah satu jenis tarian Ballroom yang terkenal. Ballroom Dance merupakan jenis tarian yang berkembang di Eropa.
Tari Waltz sering disebut dengan tarian romantis dan berpasangan

Tari Waltz merupakan tarian dengan berpasangan dan dikenal dengan tarian dengan tempo rendah. Umumnya pengiring dari musik tarian Waltz ini mempunyai birama ¾ . tarian ini juga berasal dari italia yaitu tari Weller (tarian petani Jerman) dan tari Leander (tarian Austria). Tetapi selain tempo rendah terkadang Waltz juga bisa memainkannya dengan lebih cepat dan bersemangat seperti pada tarian di Wina. Pada Vienese pasangan berputar satu arah dengan cepat , sedangkan pada tari Boston, pasangan berputar kesegala arah dengan lambat. Tari ini cukup digemari oleh Masyarakat saat ini.


Tari Salsa

Salsa merupakan tarian berpasangan yang berkaitan dengan musik salsa. Kata salsa berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus, atau dalam hal ini adalah rasa atau gaya.  Menurut pengakuan dari para ahli dan sejarawan musik, nama salsa telah diterima antara penari selama berpuluh-puluh tahun. Pertama kali kata salsa disiarkan dalam radio adalah melalui lagu yang dibuat oleh Ignacio Piñeiro, yang ditujukan pada seseorang pria Afrika tua yang menjual butifarras (sejenis sosis) pada Central Road di Matanzas. Lagu berirama son tersebut berjudul Échale salsita. Di bagian refrain dan bait lagu disebutkan "Salsaaa! échale salsita, échale salsita." Pada awal tahun 1950, seorang komentator dan DJ "bigote" Escalona mengumumkan tarian salsa dengan judul "irama berikut mengandung Salsa". Akhirnya penduduk berbahasa Spanyol di kota New York menjuluki Celia Cruz sebagai "Ratu Salsa".
Tari Salsa merupakan salah satu tari paling terkenal di dunia

Tari Modern selanjutnya adalah Tari salsa yang biasanya diiringi dengan musik yang melibatkan irama perkusi yang rumit dan cepat, yakni sekitar 180 ketukan per menit ini merupakan tarian di tempat. Pasangan yang menari salsa tidak banyak bergerak mengelilingi lantai dansa, melainkan menari pada area tertentu. Salsa juga memiliki unsur tarian swing. Tidak ada peraturan baku tentang bagaimana cara menari salsa, namun ada gaya tarian atau ragam gerak tari Salsa tertentu yang dikenali secara umum.


Tari Disko

Disko adalah salah satu aliran musik untuk dansa yang berkembang pada tahun 1970-an di klub-klub dansa Amerika Serikat. ... Disko berasal dari kata discothèque, bahasa Perancis untuk klub dansa, bahasa Indonesia:
Tarian Disko merupakan serapan dari bahasa perancis, discothèque.

Selanjutnya Tari Disko adalah tarian pergaulan yang berasal dari Amerika Serikat pada tahun 1950-an. Disko sendiri merupakan salah satu aliran musik untuk dansa yang berkembang pada tahun 1970-an di klub-klub dansa Amerika Serikat. Disk Jockey di klub dansa memutar serangkaian lagu dari piringan hitam tanpa terputus agar orang dapat terus menari tanpa berhenti. Istilah disko juga dipakai untuk acara, ruang atau gedung tempat orang berdansa/menari diiringi rekaman musik sebagai bentuk hiburan. Disko berasal dari kata discothèque, bahasa Perancis untuk klub dansa.


Breakdance

Dikutip dari jurnal karya Rahajeng Puspita Yuniarvi (2017) berjudul Struktur Dan Bentuk Tari Modern Semarang Dance Lovers, breakdance atau B-boying adalah gaya tarian yang berevolusi sebagai bagian dari budaya hip-hop di antara Hitam dan Amerika Latin pemuda di Bronx Selatan, New York City selama tahun 1970-an. Break dance juga termasuk tari tunggal yang berasal dari kelompok pekerja negro yang ada di Amerika. Bentuk tariannya patah-patah atau stakkato dan bersifat akrobatik.


K-Pop Dance

BTS (Hangul: 방탄소년단; RR: Bangtan Sonyeondan), juga dikenal sebagai Bangtan Boys, adalah sebuah boy band beranggotakan tujuh orang asal Korea Selatan yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment. Nama tersebut kemudian berakronim menjadi Beyond the Scene pada bulan Juli 2017. mereka salah satu artis K-Pop yang sering melakukan dance K-Pop di panggung
BTS adalah salah satu artis K-POP yang sering memperagakan dance-nya

Tarian modern terakhir yang saat ini sering digemari oleh masyarakat Indonesia khususnya remaja adalah K-Pop Dance. K-Pop Dance ini sendiri merupakan jenis tarian yang mengiringi musik-musik K-Pop. K-Pop adalah Korean pop; Korea: 케이팝) adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan . Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara. Oleh sebab itu, tarian yang diiringi oleh artis-artis K-Pop ini sangat terkenal bahkan terdapat beberapa dance cover yang dilakukan oleh masyarakat lainnya.

Mungkin itulah beberapa tari modern yang saat ini sedang digemari oleh masyarakat. Jangan lupa di share apabila konten ini bermanfaat. Salam Karya.



Referensi :

28 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page