top of page

Tips Memilih Mobil 4x4 Bekas

Updated: Mar 24, 2021


Mobil daihatsu rocky keluaran 1993 sedang melakukan sedikit offroad
Daihatsu Rocky 1993 4x4

Mobil 4x4 merupakan mobil yang berpenggerak double garden, dimana pada umunya dapat dikatakan mobil yang ke 4 rodanya berputar. Hal ini berfungsi untuk membantu pergerakan mobil dalam medan yang berat.


Mobil berpenggerak 4 roda ini terbagi dua yakni berpenggerak 4 roda altime , yakni mobil yang ke 4 rodanya tidak memiliki switch untuk mematikan perputaran keempat roda tersebut, jadi kemanapun kita pergi mobil akan berputar dengan empat roda.

Perseneling kecil ini disebut juga Transfercase atau TC untuk menyalakan sistem 4x4
Perseneling TC 4x4

Adapun mobil yang berpenggerak 4 roda fulltime yang mana terdapat switch, knop, ataupun perseneling tambahan untuk mengaktifan system penggerak 4 roda tersebut. Pada mobil ini terdapat mode 4x2, 4H, N, dan 4L yang mana bisa diaktifkan melalui switch tersebut.


Switch, knop, ataupun perseneling biasanya hanya terdapat salah satu diantara mereka, dan biasanya penempatan perseneling 4x4 didapati di mobil yang tahunya terbilang tua, sedangkan untuk knop ataupun switch terdapat di mobil modern.

Switch ini merupakan bentuk modern dari persenelin TC dan bersifat elektroknik
Switch TC 4x4

Mode 4x2 biasanya digunakan untuk jalan raya, 4H sesuai namanya 4 High atau pada umumnya dapat dinyatakan bahwa mobil bergerak dengan keempat roda namun gear yang kita gunakan masih gear kecil, digunakan dijalanan berbatu, atau jalanan licin.


Mode N biasanya digunakan bagi para pengguna PTO dapat berfungsi sebagai rem, tergantung pemasangan PTO tersebut. PTO merupakan system katrol mobil seperti winch dimana dapat membantu menarik mobil dengan kencang karena disambungkan dengan mesin.


Mode 4L merupakan mode yang kita gunakan pada medan berat seperti lumpur, sesuai namanya 4 Low, mobil bergerak dengan keempat roda dan menggunakan gear besar, pada saat memasukan ke mode ini torsi mobil akan berubah. Saat memindahkan mode, mobil harus dalam kadaan berhenti total untuk mencegah kerusakan transmisi.


Khusus untuk anda yang ingin membeli mobil berpenggerak 4x4 fulltime, pada artikel ini kami akan memberikan tips agar anda dapat memiliki mobil 4x4 bekas dengan kondisi siap digunakan baik off maupun on road. Berikut adalah tipsnya :


1. Periksa bagian mesin

Mesin ini merupakan mesin diesel milik Daihatsu Rocky berkubikasi 2800cc
Mesin Daihatsu Rocky 1993 2800 cc Diesel

Mesin merupakan komponen dasar dimana menjadi penentu mobil dapat melaju atau tidak. Jika suara mobil dirasa memiliki mesin yang halus dan enak, coba lihat kembali apakah mobil mengeluarkan asap putih atau tidak.


Untuk mobil bensin dapat dilihat dari knalpot, untuk mobil diesel dapat dilihat dengan cara membuka tutup oli yang terdapat di head mesin, jika mengeluarkan asap ataupun memuncratkan oli dalam ukuran banyak maka lebih baik mencari mobil lain.


Karena biaya yang digunakan untuk menurunkan mesin serta memperbaikinya akan lebih mahal disbanding biaya memperbaiki body, selain itupun akan memakan waktu lebih lama lagi.


Periksa pula apakah adaa rembes pada bagian mesin atau tidak, karena bila rembes pada mesin bisa saja ada rengat pada bagian mesin dan memungkinkan kompresi mesin hilang.


2. Periksa bagian gearbox

Gearbox milik Toyota Hilux yang dikenal bandel
Gearbox Hilux 4x4 Manual

Gearbox juga merupakan bagian penting, gearbox merupakan gigi yang dapat menyalurkan tenaga mesin ke gardan, jika dirasa gearbox sudah berbunyi seperti siulan lebih baik tanyakan kembali penggunaan mobil sebelumnya seperti apa.


Jika dirasa mobil terkendala dalam hal mengoper dari gigi satu ke gigi lainya lebih baik mencari mobil lain yang lebih baik ketimbang harus memperbaiki gearbox, memperbaiki gearbox lumayan dapat menguras kantong.


3. Periksa bagian transfercase

Transfercase ini merupakan transfercase yang masih menggunakan sistem tuas perseneling
Transfercase

Transercase atau disingkat TC merupakan bagian dimana kita dapat mengaktifkan atau memindahkan gigi dari high gear ke low gear karena peran transfercase ini penting untuk mengaktifkan 4x4 pada mobil.


Bila mobil mengalami stuck dalam memindahkan ke 4H, dan 4L atau bahkan lebih parah saat sudah pindah ke 4L tiba tiba perseneling loncat ke N lebih baik mencari mobil dengan kondisi TC yang lebih baik lagi.


Karena peran TC dalam mobil 4x4 ini sangatlah berpengaruh, jika TC rusak maka kita tidak bisa mengaktifkan mode 4x4 pada mobil yang akan kita kendarai nantinya, TC bisa diperbaiki namun akan memakan waktu dan biaya.


4. Periksa bagian gardan

Daihatsu Rocky merupakan mobil 4x4 keluaran jepang yang berpenggerak double gardan
Daihatsu Rocky’93 Memiliki Gardan Depan Belakang

Pada bagian garden periksa apakah ada rembes atau tidak, jika rembes masih bisa diperbaiki, namun jika garden sudah stuck lebih baik mencari mobil dengan garden yang lebih baik.


Gardan berfungsi memutarkan roda, jika garden bermasalah macet atau kondisi lebih parah stuck, akan berpengaruh pada performa mobil yang akan kita gunakan nantinya.


5. Periksa bagian kaki kaki


Bagian kaki kaki juga penting dilihat apakah laher terlumasi stempet dengan baik, apakah mobil miring ke kiri atau kekanan, karena akan mengganggu kenyamanan saat kita berkendara.


6. Periksa bagian chasis


Chasis memiliki peranan penting karena menopang semua bagian mobil, bila terdapat karat masih bisa kita tanggulangi, namun bila chasis sudah bengkok akan mempengaruhi keseluruhan mobil.


Jika anda mendapati bagian chasis bengkok lebih baik membeli mobil lain, karena chasis akan susah di perbaiki juga memakan waktu dan uang yang tidak sedikit. Meski sudah diperbaiki, chasis biasanya akan tetap berbeda dengan bawaan pabrik


7. Periksa bagian kelistrikan mobil


Kelistrikan menunjang keamanan dan kenyamanan kita saat berkendara, periksa semua kabel termasuk kabel body, jika dirasa masih layak tidak apa apa, namun jika dirasa sudah rusak lebih baik diganti nantinya karena ditakutkan terjadi korsleting.


8. Periksa bagian deck mobil


Khusus mobil berpenggerak 4x4 deck bawah mobil harus diperhatikan karena bagian bawah deck pada cabin mobil dapat berpotensi karat bahkan bolong yang mana akan mengganggu kenyamanan kita saat berkendara


9. Periksa bagian plafon mobil


Plafon mobil pun harus diperhatikan, jangan sampai plafon mobil kita bocor, dan malah membuat kita tersiksa dikala hujan karena air hujan ikut masuk kedalam mobil yang tengah kita kendarai.


10. Periksa bagian “tulang” mobil


Tulang atau bagian lekuk mobil, jika kondisi lekukan pada mobil sudah tidak sama ada kemungkinan mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan, jika sampai tulang pada mobil bengkok dan tidak mengganggu tidak mengapa.


Namun jika kondisi tulang pada mobil sampai mempengaruhi aerodinamis dan kestabilan mobil, lebih baik mencari mobil lain, karena membahayakan, selain itupun memperbaiki tulang pada body mobil ini sulit dan memakan waktu juga biaya

11. Periksa bagian body mobil


Bagian body jangan sampi terlalu banyak dekok, ataupun karat, bagian body mobil secara keseluruhan (diluar tulang mobil) masih bisa ditanggulangi dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya besar

12. Periksa bagian interior mobil

Interior bagian pengemudi Daihatsu Rocky tahun 1993
Bagian Interior Daihatsu Rocky’93

Periksa juga interior, khusus untuk penggunaan daily use interior haruslah rapi karena akan menunjang kenyamanan kita dalam berkendara kemanapun, jika interior acak-acakan, bolong dimana mana, akan mengganggu kenyamanan kita berkendara


13. Periksa kelengkapan aksesoris mobil (jika ada) seperti winch, pto, bumper, lampu tembak pastikan berfungsi dengan baik


Kurang lebih itulah point point yang harus diperhatikan kalian jika hendak membeli kendaraan 4x4, kendaraan 4x4 memanglah tangguh, namun jika kita ingin membelinya pun tidak boleh asal beli karena memperbaiki kendaraan 4x4 itu tidaklah murah.


Referensi :


3 views0 comments
bottom of page