top of page

Do It Yourself (DIY) Menghilangkan Dan Mencegah Karat Pada Mobil

Muhammad Raissa Nugraha

210104180060

MPM B

Daihatsu taft rocky ini merupakan mobil lawas, namun jika kita pintar merawatnya maka mobil akan terlihat mulus dan tanpa karat.
Daihatsu Taft Rocky 1993 difoto dari atas, mulus tanpa karat

Mobil merupakan sebuah alat transportasi dari masa ke masa, yang mana bila kita memperlakukan mobil kita dengan baik, merawatnya dengan baik maka mobil kita akan bertahan lama hingga dapat menjadi mobil antik nantinya.


Dengan kita merawat mobil kita dengan baik maka feeling saat kita berkendara pun akan membuat kita lebih nyaman di dalam mobil kita karena mobil yang terawat dengan baik, terutama pada bagian bagian rentan seperti mesin, chasis, kaki kaki, body dan interior.


Dengan kita merawat mobil dengan baik maka tidak akan terdapat karat ataupun keropos yang bisa saja mengenai salah satu bagian dari parts mobil kita, karena bila karat sudah menempel pada bagian mobil maka akan berujung keropos.


Bila bagian mobil sudah ada yang terkena keropos kita harus mengganti plat yang keropos dan merapikannya kembali, namun hasilnya tidak akan semulus pabrikan, dan kekuatan nya pun akan berbeda dibanding bawaan pabrik.


Bila bagian keropos terdapat pada chasis mobil ataupun mesin mobil bahkan kaki kaki mobil, maka akan berpengaruh besar terhadap keselamatan kita dijalan raya, karena ketiga bagian itu merupakan bagian yang sangat fatal di mobil.


Oleh karenanya disini akan disebutkan bagaimana cara Do It Yourself (DIY) untuk mencegah dan apabila sudah ada karat pada bagian mobil pada artikel ini pun akan dijelaskan bagaimana cara menanggulanginya.

 Daihatsu taft rocky ini merupakan mobil untuk segala medan, setelah kita selesai melakukan kegiatan offroad jangan lupa untuk mencuci mobil kita.
Daihatsu Taft Rocky Sedang Menaklukan Tanjakan, Membuktikan Bahwa Mobil Ini Dalam Kondisi Prima

DIY Mencegah :

1. Cuci mobil apabila kotor, beserta bagian bawah mobil

Kotoran yang menempel pada mobil dan mengerak terlalu lama akan menyebabkan karat bila tidak dicuci dan dibersihkan, terlebih bila yang menempel itu adalah lumpur atau tanah bercampur garam.

Terutama bagian bawah mobil yang lebih sering terkena oleh kotoran dan jarang terperiksa oleh kita, bagian bawah mobil terdapat chasis yang peranannya sangat penting untuk menopang seluruh body mobil.

Jadi pastikan kita mencuci semua bagian mobil termasuk sela sela mobil yang dirasa banyak menyimpan kotoran, karena mencuci mobil tidak memakan biaya besar ketimbang harus memperbaiki rusak akibat keropos yang diakibatkan oleh karat.


2. Bersihkan setelah mencuci, sampai kering

Setelah kita menyemprotkan air pada bagian mobil kita, maka kita pun harus memberi mobil sabun agar kotoran yang membandel dapat luntur dengan mudah. Tak lupa sambil kita lap dengan kain.

Setelah dilap dengan kain basuh kembali mobil kita sampai bersih, jangan sampai ada lumpur ataupun kotoran lain yang menyisa, baik di body mobil, bagian bawah mobil, ataupun bagian lainya yang dirasa sulit untuk dibersihkan.


3. Periksa celah yang mungkin menimbun air lalu keringkan setelah mencuci ataupun setelah hujan

Jangan lupa apabila telah selesai mencuci mobil, mobil harus dikeringkan sampai kebagian bawah mobil karena bila ada bagian mobil yang masih menyimpan air, maka akan berpotensi menjadi karat bahkan keropos atau lebih parah lagi bolong.

Karena air yang bertemu oksigen akan menimbulkan sifat korosi dan perlahan lahan akan memakan besi yang terdapat pada mobil kita, bila air itu tersimpan sangat lama maka kita akan mendapati karat pada mobil kita.


4. Jangan sampai bearing, kaki kaki ataupun bagian yang seharusnya ada stempet, namun stempet tersebut malah kering

Permukaan bearing ataupun bagian pada mobil lainya yang seharusnya terdapat stempet, tapi tidak ada stempet di dalamnya akan berpotensi menjadi karat dan bahkan ambrol, hal tersebut dapat membahayakan keselamatan kita saat berkendara.

Periksa secara berkala bagian bagian seperti bearing, kaki kaki dan bagian lainya ditakutkan stempetnya kering, bila stempetnya sudah kering lebih baik segera ditambah ke bengkel kepercayaan anda.


5. Periksa karet karet mobil secara berkala

Karet pada mobil berfungsi untuk melindungi bagian mobil air, serta membuat mobil menjadi kedap suara. Jika ada bagian karet mobil yang terkelupas segeralah ganti bagian karet tersebut.

Karena jangan sampai karet karet itu terkelupas karena usia, terutama karet kabin mobil, karena bisa saja terjadi kebocoran kedalam kabin yang akan menyimpan air dan menjadi berpotensi karat.


DIY Menanggulangi / menghilangkan karat :

1. Amplas karat sampai hilang

Amplas bagian mobil yang telah terkena karat sampai karat tersebut menghilang dan muncul kembali warna besi pada umumnya, periksa juga apakah sudah sampai bolong atau belum.

Jika sudah terdapat bolong pada bagian karat, jika bolong tersebut masih kecil bisa tertutup oleh dempul, namun jika besar kita harus mengganti bagian plat mobil seukuran dengan bolong yang ada.


2. Dempul bagian yang telah di amplas

Setelah melakukan step diatas, mari kita dempul bagian mobil kita yang telah diamplas rapi, dempul tidak usah terlalu tebal, jika bisa setipis mungkin agar terlihat rapi dan tidak mengganggu saat proses pengecatan.


3. Semprot dengan cat

Memilih warna cat haruslah cermat, jangan sampai mobil menjadi belang warnanya karena kita salah mengoplos ataupun salah membeli cat yang hendak kita semprotkan pada body yang telah kita cat.


Klik Do It Yourself jika kalian ingin melihat macam-macam DIY lainnya.





5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page