top of page

Tips Memilih Motor Trail Bekas


Suzuki Ts 125 ini merupakan motor yang jaya pada zamanya, pernah digunakan Rhoma Irama untuk shooting filmnya
Suzuki Ts 125 Tahun 1993 2 Stroke

Motor trail merupakan motor yang bisa berada di dua alam kita bisa menggunakan nya di dalam kota maupun masuk menjelajahi hutan. Motor ini kini sedang naik daun karena kapabilitasnya yang bisa dibawa kemana saja.


Motor trail sendiri terbagi menjadi beberapa macam yakni Legal road seperti Honda CRF, Kawasaki KLX, Yamaha WR, Suzuki TS, Suzuki DR, Yamaha DT. Motor trail legal road dilengkapi surat surat dan kelengkapan lain seperti spion, lampu sein, dan lainya.

Kawasaki KLX 150 ini merupakan motor trail legal road
Kawasaki KLX 150 Dipakai Touring

Sedangkan motor trail yang non legal road terbagi menjadi dua yakni untuk endruo dan kompetisi biasanya tergolong kedalamm Spesial Engine (SE) karena tenaganya yang besar. Motor ini tidak dilengkapi perlengkapan untuk berkendara dijalan raya.

KTM 250 EXC ini merupakan motor endure buatan Austria dengan livery Slovakia
KTM 250 EXC Slovakia 2 Stroke

Untuk motor enduro biasanya digunakan untuk menerabas hutan seperti KTM EXC Sixday, KTM EXC-F, Husqvarna TE, Husqvarna FE mereka dilengkapi lampu headlamp dan juga lampu rem belakang.


Sedangkan untuk kompetisi tidak ada lampu sama sekali yang menempel pada motor ttail, karena untuk memperingan berat motor saat digunakan untuk kepentingan balap. Contohnya ada Kawasaki KX, Yamaha YZ, KTM XC, KTM XC-F, Husqvarna TX, dan lainya.


Para pembaca yang hendak membeli motor trail sebaiknya tentukan lagi tujuan membeli motor trail ini apakah untuk daily use atau kompetisi di track, atau untuk berkelana dihutan dengan mesin yang handal dan tenaga yang besar.


Karena jika kalian para pembaca hendak membeli motor trail untuk enduro ataupun kompetisi sedangkan dipergunakan untuk harian maka perawatan nya pun akan lebih mahal karena system penggantian oli pada motor tersebut dihitung perjam.

Kawasaki KLX 150 merupakan motor legal road sedangkan Rieju 200 merupakan motor enduro
Kawasaki KLX 150 dan Rieju 200 Fun Offroad

Untuk hal hal yang mesti diperhatikan ketika ingin membeli motor trail mudah dapat dilihat bagian kaki kaki apabila masih dirasa empuk, tidak pincang, dan tidak ada rembes berarti shock masih dalam kondisi bagus, jika tidak maka harus ada part yang diperhatikan.


Perhatikan bagian las lasan pada chasis, ditakutkan motor pernah rontok dan terbagi menjadi dua, jika sudah terjadi hal tersebut, las lasan pada chasis akan berbeda dengan pabrikan dan kekuatanya pun tak akan sebagus pabrikan.


Perhatikan juga bagian swing arm apakah terdapat karat yang membahayakan atau tidak terutama pada bagian unitrack, karena peran swing arm penting saat kita menggunakan motor, jika terjadi retak lebih baik diganti baru saja.


Bearing atau laher, tromol, dan jari jari pun tak luput kita perhatikan apakah mereka dalam kondisi baik atau tidak, jika dirasa kondisi bearing sudah aus lebih baik diganti, jika bagian tromol dan jari jari sudah jelek lebih baik diganti saja.


Yang paling penting adalah mesin, pemgapian dan kelistrikan. Perhatikan mesin ada yang rembes atau tidak, suara mesin masih dalam batas wajar atau tidak, dan juga perhatikan kabel body, penagpian serta kelistrikan seperti ECU atau CDI apakah dalam kondisi baik atau tidak.


Karena hal hal diatas adalah hal hal yang patut kita perhatikan saat ingin membeli motor trail bekas, jangan sampai ketika kita membeli motor malah mendapatkan motor yang kurang bagus bahkan tidak tahu cara membenahinya sehingga mengganggu kenyamanan berkendara.


Referensi :



5 views0 comments
bottom of page