top of page

Masih Pemula dibidang Make Up? Intip Rekomendasi Make Up Dasar Biar Gak Menor!

Terkadang kita masih sering bingung dengan urutan makeup yang benar, terutama bagi para kaum remaja atau pemula yang baru belajar makeup. Agar tidak salah saat ber-makeup maka kamu perlu tahu beberapa urutan makeup dasar. Berikut urutan makeup lengkap yang benar untuk kamu jadikan rekomendasi.


Sebelum menggunakan atau memilik Make Up, hendaklah perhaikan bahan-bahan yang terkandung didalamnya, agar tidak merusak kulit ataupun menyubat pori-pori yang nantinya akan menimbulkan jerawat
Perhatikan kandungan yang terdapat dalam Make Up agar tidak merusak kulit

1. Perhatikan kandungan yang terdapat dalam produk

Untuk mengurangi risiko iritasi di kulit, khususnya bagi kulit sensitif, kita wajib memperhatikan kandungan dalam produk kosmetik. Produk kosmetik yang menumpuk di kulit berpotensi menyumbat pori. Pori-pori yang tersumbat bisa menimbulkan iritasi seperti jerawat. Ada baiknya, sebelum beli produk makeup, perhatikan kandungannya. Jangan sampai bedak atau foundation yang kamu beli bersifat comedogenic atau menyumbat pori.



Concealer sangat bermanfaat bagi para pemula, untuk hasil make up yang tiak terllau menor hanya concealer saja sudah cukup
Cobalah concealer untuk menutupi bekas-bekas jerawat dan kantung mata

2. Mulai dengan mencoba concealer

Alat kosmetik pertama yang bisa kamu beli adalah concealer atau korektor. Make up ini memiliki kegunaan menutupi kekurangan di wajah. Jika kamu punya mata panda, noda hitam, atau bekas jerawat, concealer berguna untuk menutupinya. Sedangkan urutan pemakaiannya adalah sebelum mengaplikasikan foundation atau BB cream dan bedak. Jadi setelah mencuci muka dan memakai pelembap, segera gunakan concealer.


Kegunaan foundation atau BB cream masih sama buntuk memperhalus tekstur prmukaan kulit dan meratkan warna kulit
Gunakan foundation atau BB cream agar kulit wajah terlihat lebih mulus dan flawless

3. Pilih salah satu, foundation atau BB Cream

Kalo ditanya lebih penting mana, foundation atau BB cream? Jawabannya sama saja, kok. Kamu bisa memilih salah satunya. Jika ingin hasil make up yang berat, high coverage, dan tahan lama, kamu bisa memilih foundation. Sedangkan untuk tampilan sehari-hari yang ringan bisa menggunakan BB cream.

Cara memilih warna foundation atau BB cream harus disesuaikan dengan warna kulitmu. Jika bisa, aplikasikan sedikit dari foundation atau BB cream yang akan dibeli, jika menyatu baik dengan kulit wajah, maka kamu bisa membelinya.

Jika warnanya terlalu terang atau gelap maka bisa membuat wajah terlihat seperti topeng.

Sedangkan BB cream atau foundation bisa diaplikasikan sebelum menggunakan bedak dan setelah semua noda di wajah ditutup oleh concealer.



Bedak terbagi menjadi 2 fungsi, ada loose powder an bedak padat. Keguanaannya sama namun diseuaikan dengan tekstur kulit kita, yang terpenting pemilihan shade harus sesuai dengan warna kulit ya
Sesuaikan warna bedak yang akan digunakan dengan tone warna kulit kita

4. Pilih bedak yang sesuai dengan tone kulit kita

Benda selanjutnya adalah bedak. Ada dua jenis pilihan bedak yaitu bedak padat atau tabur. Kamu bisa menggunakan bedak padat ataupun bedak tabur sesuai kebutuhanmu. Biasanya untuk kulit berminyak lebih disarankan untuk menggunakan bedak tabur karena bedak tabur bisa lebih menahan minyak di wajahmu. Namun bagi pemilik wajah kering atau normal, kamu tidak perlu menggunakan terlalu banyak agar hasil makeupmu tetap terlihat glowing.

Yang tak kalah penting adalah menemukan warna bedak yang sesuai dengan kulit wajah. Setelah mengetahui foundation atau BB cream yang cocok, samakan dengan warna bedak pilihan kamu agar make up terlihat menyatu di wajah. Bedak bisa diaplikasikan setelah menggunakan foundation atau BB cream, ya.



Blush on, memiliki berbagai macam warna disesaikan dengan tone kulit kita, untuk pemakaiannya bisa disesuaikan dengan bentuk rahang dan tulang pipi kita agar telihat lebih tirus dan cantik
Pilih lah model blush on yang membuat wajahmu terlihat lebih tirus dan cantik

5. Blush on!

Blush on juga masuk dalam daftar rekomendasi makeup untuk pemula. Makeup yang satu ini bisa membantu wajah terlihat lebih cerah.

Cukup sapukan sedikit warna yang cocok dengan makeup kamu saat itu, dan wajah jadi bebas pucat dan terlihat segar.

Untuk warnanya, kamu bisa memilih warna merah muda untuk kulit berwarna terang. Sedangkan untuk yang sawo matang, bisa menggunakan blush on berwarna oranye atau bata. Untuk kesan pipi yang tirus, bisa menggabungkan kedua warna tersebut.

Caranya, sapukan blush on berwarna gelap di area luar pipi dan yang berwarna terang di bagian dalam pipi. Untuk jenisnya, blush on ada yang padat, cair, atau foamy. Tinggal pilih mana yang paling cocok dengan kamu.


Meskipun bentuk alis berbeda-beda namun yang paling sering digunakaan adalah alis berbentuk mirip pedang ini. Alis dibuat sangat runcing dan tegas
Alis merupakan simbol

6. Pensil Alis menjadi hal paling sulit namun sangat berpengaruh

Saat ini, alis jadi sebuah statement. Apalagi di masa pandemi covid-19, di mana area wajah yang jelas terlihat adalah mata dan sekitarnya. Oleh karena itu, memiliki pensil alis yang berkualitas seperti alat perang yang sangat penting. Kamu bisa menggunakan pensil alis batangan, eyebrow gel, atau bahkan yang spidol.

Yang harus diperhatikan adalah warna yang sesuai dengan alismu. Hindari warna yang terlalu pekat seperti hitam. Warna pekat membuat hasil gambar alis kamu tidak terlihat natural. Jika alis kamu berwarna hitam, bisa pilih warna black brown agar warnanya lebih menyatu dan terlihat natural. Sedangkan cara menggambarnya, bisa membuat bingkai alis sebelum mengisi dengan bentuk yang diinginkan. Bingkai bisa membantu kamu tidak kelewatan saat mengisi alis.


Tanpa lipstick riasan make up yang sudha kita buat akan telihat sia-sia. Inilah keajaiban pewarna bibir meskipun disimpan di tahap terakhir, namun hal inilah kuncinya
Tanpa lipstick, riasan Make Up wanita tak terlihat hidup

7. Lipstick merupakan penutup

Makeup terakhir yang wajib dimiliki adalah lipstik. Pemilihan warna lipstik tentu tergantung dengan mood dan jenis make up kamu pada hari itu. Jika sedang ingin natural, bisa memilih warna nude. Sedangkan jika ingin dramatis bisa memilih merah dan warna terang lainnya.

Jenis lipstik yang bisa kamu pilih antara lain yang padat, cair, mousse, dan lip tint.

Usahakan untuk memilih lipstik yang tidak membuat bibir kering. Tingkat sensitivitas bibir setiap orang biasanya berbeda. Jika kamu merasa bibirnya mudah kering, bisa memilih lipstik dengan tambahan vitamin E dan pelembap agar tidak mudah pecah saat menggunakan lipstiknya.Itulah 7 rekomendasi makeup untuk pemula yang bisa kamu miliki. Pastikan untuk memilih warna yang sesuai kulit, ya!


Referensi :

4 views0 comments
bottom of page